gambar

gambar
Ardiansah

Jumat, 06 April 2012

menumbuhkan semangat menulis sejak dini

pada berbagai kesempatan dan pelatihan pada umumnya seseorang benar-benar ingin menulis dan menerapkan ilmu yang dimilikinya. namun seiring berjalannya waktu, seminggu saja mereka sudah menguapkan ilmu yang mereka dapat pada udara bebas. ini menyebabkan runtuhnya pengetahuan yang ada. sehingga sesuatu yang masih hangat pun menjadi dingin setelah ilmu tersebut menguap (anda tentu paham maksud saya).

untuk menumbuhkan kreativitas dalam menulis pada hakikatnya yang dibutuhkan adalah motivasi dan spirit beserta sarana yang mendukung pula. beberapa solusi membantu dalam mengeluarkan dan mencari ide dalam menulis. namun disini menulis tidak hanya menulis biasa seperti mencatat ulang sesuatu. namun menulis yang lebih baik adalah dari tangan dan pikiran kita sendiri. ini menjaga orisilinitas dan originalitas dari tulisan yang kita buat

pada umumnya kecanggihan teknologi saat ini hanya membuat orang-orang sekitar menadi konsumtif saja dan tidak produktif. hal ini karena lewat atau ketikan saja pada mesin pencari, sudah banyak ditemukan informasi yang berkaitan dengan yang kita maksudkan.

  1. jangan mencontek, ini tentu sangat familiar ditengah krisis moral di negara kita. lihat saja seorang guru besar yang merupakan kaum intelektual saja masih suka mencontek. pada hakikatnya, ini hanya akan merugikan kita sendiri karena kita tidak tahu seberapa jauh kemampuan yang kita miliki. dengan mengerjakan sendiri maka kita dapat melakukan evaluasi terhadap kesalahan yang telah kita lakukan dalam menulis.
  2.  hargai mereka, dengan menghargai penulis maka kita juga akan merasa perlu dihargai. jadi jangan terlalu menduplikasi tulisan orang lain karena ini hanya akan melemahkan semangat orang lain untuk menulis. demikian juga kita jika karya kita dibajak orang lain tentu akan merasa sangat kecewa. dengan menimbulkan sikap saling menghargai maka kita akan menjadi termotivasi untuk menulis.
  3. menulis lah dari hal yang kecil. ini dapat dilakukan pada tugas-tugas makalah yang diberikan dosen,  makalah, paper, blog maupun dari diari.
  4. buat jadwal anda menulis. dengan membuat jadwal ini, maka kegiatan menulis anda menjadi terprogram dan menjadi lebih efisien dan efektif dalam ranah waktu
  5. jangan memaksa diri. dengan memaksa diri artinya anda tidak ikhlas  untuk menulis. jadi anda harus menumbuhkan sikap senang-senang. ini karena menulis dapat membuat anda merasa nyaman saat menulis. jika anda merasa capek maka silahkan beristirahat sampai anda merasa nyaman kembali untuk menulis.
i think just until here my tips.... i hope you get some information from my blog and dont forget to left your comment about this blog .... ok.....


Tidak ada komentar: