gambar

gambar
Ardiansah

Sabtu, 29 Juni 2013

laporan kimia analisis instrumen “PENENTUAN PANJANG GELOMBANG MAKSIMUM SENYAWA KIMIA”




PERCOBAAN 1
“PENENTUAN PANJANG GELOMBANG MAKSIMUM SENYAWA KIMIA”

A.    Tujuan Percobaan
1.      Mempersiapkan larutan blanko dan sampel untuk digunakan pengukuran panjang gelombang maksimum larutan sampel
2.      Menggunakan kuvet sebagai tempat sampel dan blanko
3.      Mengoperasikan alat spektroskopi UV – Vis cary 50 untuk menentukan panjang gelombang maksimum suatu senyawa
B.     Dasar Teori
Spektrofotometri menyiratkan pengukuran jauhnya penyerapan energi cahaya oleh suatu sistem kimia itu sebagai fungsi dari panjang gelombang tertentu. Untuk memahami spektrofotometri, kita perlu meninjau ulang peristilahan yang digunakan dalam mencirikan energi cahaya, memperhatikan interaksi radiasi dengan spesies kimia dengan cara yang erlementer, dan secara umum mengurus apa kerja instrumen-instrumen (Underwood, 2002: 382).
Spektrofotometri adalah suatu metode analisis yang berdasarkan pada pengukuran serapan sinar monokromatis oleh suatu lajur larutan berwarna pada panjang gelombang yang spesifik dengan menggunakan monokromator prisma atau kisi difraksi dan detector vacuum phototube atau tabung foton hampa. Alat yang digunakan adalah spektrofotometer, yaitu suatu alat yang digunakan untuk menentukan suatu senyawa baik secara kuantitatif maupun kualitatif dengan mengukur transmitan ataupun absorban dari suatu cuplikan sebagai fungsi dari konsentrasi (Seran, 2011).
Spektroskopi UV – Vis merupakan teknik spektroskopi pada daerah ultraviolet dan sinar tampak. Dari spektrum absropsi dapat diketahui panjang gelombang dengan adsorbans maksimum dari suatu unsur atau senyawa. Semua molekul dapat mengabsropsi radiasi dalam daerah UV – Vis karena mengandung elektron, baik sekutu maupun menyendiri, yang dapat dieksitasikan ke tingkat energi yang lebih tinggi. Panjang gelombang dimana absropsi itu terjadi, bergantung pada seberapa kuat elektron itu terikat dalam suatu molekul. Elektron dalam suatu ikatan kovalen tunggal terikat dengan kuat dan diperlukan radiasi berenergi tinggi atau panjang gelombang pendek (Underwood, 2002: 388-389).



untuk mendownload laporan saya ini silahkan kirim dahulu ke email 4rdh31y@gmail.com untuk mendapatkan password pdf  atau mention di twitter @4rdn4n 


Tidak ada komentar: