gambar

gambar
Ardiansah

Sabtu, 31 Desember 2011

MENCEGAH VIRUS MENYAMAR DI WINDOWS 7


Sebenarnya artikel ini bukan membahas fitur keamanan Windows 7, tetapi lebih sebagai langkah antisipatif user awam agar tidak mengeksekusi virus yang menyamar. Ya ujung-ujungnya nyambung juga ke masalah keamanan Windows.

Microsoft secara default selalu mengaktifkan fitur yang bernama “Hide extensions for known file types” pada Windows, tak terkecuali Windows 7. Fitur ini berfungsi untuk menyembunyikan ekstensi file, misalnya winword.exe menjadi winword saja. Fitur ini juga sebagai fitur jaga-jaga supaya ekstensi file tidak ikut terhapus saat user merename suatu file. Namun menurut penulis, fitur ini tidak terlalu bermanfaat, malah mengundang para virus maker untuk menggunakannya sebagai salah satu senjata andalan virus mereka. Mengapa penulis bilang fitur ini tidak terlalu bermanfaat?



Pertama, saat user hendak merename suatu file, secara default ekstensi file tidak ikut tersorot oleh cursor. Kita ambil contoh winword kembali(Diasumsikan fitur ini sudah dimatikan). User hendak merename winword.exe menjadi word.exe. Saat user mengklik kanan mouse-rename atau memencet tombol F2, maka yang akan tersorot oleh kursor untuk diedit hanya kata winword nya saja. Untuk merename keseluruhan nama file berikut ekstensinya user harus menggerakan secara manual kursor dengan mouse atau keyboard.


Kedua, kecil kemungkinan bagi user lupa nama ekstensi file. Menurut Ensklopedia Encarta, manusia normal dapat mengingat minimal 8-12 angka/huruf dengan sekali lihat. Bandingkan dengan ekstensi file yang hanya terdiri dari 3 digit saja :).

Ketiga, seperti yang penulis bilang di atas, fitur ini adalah sasaran empuk virus maker. Secara umum, untuk virus lokal, rata-rata memiliki karakteristik yang sama, yaitu memanfaatkan media portabel semisal flashdisk, menggunakan autorun dan menyamar sebagai folder.

Untuk hal penyamaran menjadi folder, sebenarnya bisa diketahui dari properties filenya(klik kanan mouse-properties), bisa dilihat tipenya application(sekaligus bisa diketahui kejanggalan di sini, folder kok tipenya application). Daripada ribet lihat properties mending lihat ekstensinya saja, iya kan? Lagipula mana ada folder yang memiliki ekstensi atau ada file yang memiliki ekstensi ganda(misal : tugaskuliah.doc.exe), ketahuan deh penyamaran si virus :D.

Oke, tanpa berbasa-basi lagi, mari kita matikan fitur ini di Windows 7. Langkah-langkahnya, pilih start-control panel-Appereance and Personalization-Folder Option-Hapus centang pada opsi Hide extensions for known file types. [mugi.or.id]

Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat. 

Tidak ada komentar: