gambar

gambar
Ardiansah

Sabtu, 14 Januari 2012

Tips Memasak Menggunakan Rice Cooker


memasak menggunakan rice cookerSebagian orang hanya memanfaatkan rice cooker untuk memasak nasi saja. Padahal alat ini bisa kita manfaatkn untuk membuat masakan lainya.  Pada dasarnya, masakan yang berbasis cara pengolahan dengan direbus dan dikukus dapat dimasak menggunakan rice cooker. Misalkan yang berikut ini:
  1. Memasak agar-agar/puding.
    yang paling simple rebus agar-agar dengan gula pasir dan air. Cara ini adalah cara memasak agar-agar paling tradisional.
  2. Memasak bubur kacang hijau
    Saat memasak bubur kacang hijau menggunakan rice cooker caranya hampir sama dengan saat kita memasak nasi. Caranya rebus kacang hijau yang telah dicuci menggunakan rice cooker. Ketika indikator menunjukan proses memasak telah selesai segera angkat rebusan kacang hijau dari rice cooker. Namun apabila ternyata kacang hijau belum matang (ditandai dengan bijinya yang mulai lunak dan merekah) tambahkan air hingga kacang hijau matang. Sendokkan ke dalam mangkuk, tuang gula pasir sesuai selera, juga bubuhkan sedikit garam. Santannya? Tuangkan santan instan (saya lebih suka menggunakan yang bubuk karena masih bisa disimpan setelah dibuka), lalu tuangkan air panas ke dalam mangkuk tersebut. Hmm, semangkuk bubur kacang hijau semi instan siap dinikmati. Untuk santan jangan direbus menggunakan rice cooker karena biasanya air santan akan meluap-luap saat direbus, dan menyulitkan kita untuk membersihkan rice cooker setelah dipakai.
  3. Memasak bubur ayam.
    Rebus daging ayam bersamaan dengan beras dan air untuk takaran bubur, untuk memasak bubur ayam usahakan air lebih banyak daripada untuk memasak nasi biasa. Setelah air mendidih dan beras melunak, aduk secara terus-menerus hingga beras menjadi hancur, daging ayam pun biasanya hancur, dagingnya terlepas dati tulang, jika air kurang tambahkan air. Tambahkan garam, daun salam, sedikit saus tiram jika anda anda menyukainya, dan kaldu ayam.
  4. Sayur asem
    Haluskan bumbu sayur asem berupa bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri dan terasi. Rebus semua bumbu di dalam rice cooker sampai mendidih. Setelah mendidih, Masukan sayuran ke dalamnya . Beri garam, Gula dan vetsin secukupnya. Tutup, Tunggu hingga matang.
  5. Telur Pindang
    Tuangkan sedikit air dan margarin pada rice cooker, Kemudia masukkan telur satu butir, taburi sedikit garam di atas permukaan telur, jangan terlalu banyak karena margarine biasanya sudah asin. Tunggu hingga telur pindang anda matang.
  6. Memasak nasi uduk
    Masukkan beras yang telah dicuci ke dalam wadah rice cooker. Tambahkan santan kara dan air sebanyak yang dibutuhkan aduk hingga rata. Kemudian masukkan daun salam, serai, garam, aduk lagi hingga rata. Setelah kira kira nasi sudah 3/4 masak. Aduk lagi hingga santan merata dan tutup kembali, tunggu hingga nasi menjadi benar-benar masak. Dan masih banyak olahan lain yang bisa kita masak menggunakan rice cooker.

Tidak ada komentar: